Badan Pemeriksa Keuangan Periksa Keuangan SMPN15 Moti

04/07/2019 – 09:11

TERNATE-PM Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara belum lama ini melakukan supervisi dikecamatan moti dalam rangka pemeriksaan sejumlah laporan pertanggungjawaban keuangan, maupun administrasi pada sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal itu diakui Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini diakui Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMPN15),Kecamatan Moti Kota Ternate Wahid Hi. Yusuf ditemui di kantor Dikbud Kota Ternate Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, ada sejumlah Sekolah Menengah Pertama yang dikunjungi BPK salah satunya Sekolah SMPN15 Moti dibawah kepemimpinan dirinya. Pemeriksaan yang dilakuan BPK seputar laporan pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan Dana Bantuan Operasional Daerah (BOSDA), yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ternate. Selain dua mata anggaran yang diperiksa BPK. Anggaran siswa miskin berupa Dana Program Indonesia Pintar (PIP) juga tak luput dari Audit BPK.

Diakui dari pemeriksaan yang dilakukan tim tersebut pihaknya menyiapkan seluruh dokumen penting berupa laporan keuangan sekolah, dan sejumlah laporan lain yang dibutuhkan dalam pemeriksaan. “Kami siapkan semua dokumen yang dibutuhkan dalam pemeriksaan itu baik laporan Dana Bos, siswa miskin dan dana Bosda serta laporan Administrasi lain yang dibutuhkan,” cetusnya.

Meskipun demikian Wahid mengaku, dalam pemeriksaan tersebut semua administrasi dan laporan keuangan sekolah tidak bermasalah serta aktivitas pemeriksaan berjalan lancar, karena semua laporan yang berkaitan dengan keuangan sekolah dilaksanakan sesuai mekanisme.” Alhamdulilah semua berjalan lancar karena laporan semua tuntas tidak bermasalah,” Ujarnya. (Maun)