Upacara HUT Proklamasi RI ke-68

19/08/2013 – 08:38

Pada Sabtu 17 AgusIMG_6748tus 2013 bertempat di halaman kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara diselenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 yang diselenggarakan dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Perwakilan Novian Herodwijanto dan Komandan Upacara Kepala Sub Bagian SDM, Hukum dan Humas Ronni Akbar diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan Maluku Utara.

Dalam amanat inspektur upacara disampaikan pidato Ketua BPK RI Hadi Purnomo, yang memuat beberapa pencapaian yang telah diraih oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, diantaranya : Pertama, BPK memprioritaskan pemeriksaannya pada bidang-bidang yang menjadi prioritas dalam RPJM yang didasarkan kepada empat pilar utama, yaitu pro-growth, pro-job, pro-poor dan pro-environtment. Kedua, untuk menjamin mutu pemeriksaan BPK sesuai dengan standar, sistem pengendalian mutu BPK ditelaah (peer review) oleh badan pemeriksa keuangan negara lain anggota INTOSAI. Ketiga, BPK telah menyampaikan laporan hasil pemeriksaan investigatif tahap kedua kasus hambalang serta perhitungan kerugian negara berdasarkan kecukupan bukti pemeriksaan yang kompeten. Keempat,  BPK terus mengembangkan dan mendorong terwujudnya sistem  pencegahan korupsi secara efektif melalui sistem yang dikenal dengan e-audit yang dalam mengelola data dan informasi yang telah dihasilkan oleh berbagai sistem informasi pemerintah pusat dan daerah  sehingga  dapat dilakukannya link and match dan deteksi penyimpangan sejak dini dapat diketahui. Kelima, BPK telah mempelopori berdirinya organisasi ASEANSAI pada 16 November 2011 dan menjadi Ketua ASEANSAI yang pertama. ASEANSAI didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kerjasama di bidang pemeriksaan sektor publik di kawasan ASEAN, BPK juga terpilih sebagai ketua Working Group on Enviromental Audit (INTOSAI WGEA) periode 2013-2016. Selain ASEANSAI dan INTOSAI, BPK juga aktif dalam organisasi BPK se-ASIA (ASOSAI) dan meningkatkan hubungan secara bilateral dengan BPK Negara lain, serta dengan lembaga-lembaga donor internasional. Seluruh keterlibatan BPK di dunia internasional tersebut adalah dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan dan pemeriksa BPK.

Beberapa pencapaian BPK tersebut sepenuhnya ditujukan untuk mendorong terwujudnya pengelolaan dan tanggung jawab keuangan yang transparan dan akuntabel, sesuai dengan tema hari ulang tahun ke-68 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2013 yaitu Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, BPK Menjaga Stabilitas Politik Dan Pertumbuhan Ekonomi  Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.