Seminar Psikologi Anak, Dharma Wanita Perwakilan Provinsi Maluku Utara

07/07/2013 – 08:39

IMG_6358Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara kembali mengadakan pertemuan rutin sekaligus seminar tentang psikologi anak pada hari Kamis (4/7). Bertempat di aula lantai 2 Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara acara tersebut dibuka oleh ketua DWP Erna Tri Lukhitasari Herodwidjanto.

Dalam acara tersebut bertindak sebagai pemateri Hj. Andi Nurhayati Yusuf. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh anggota DWP dan istri-istri pegawai tidak tetap yang diundang untuk hadir dalam acara tersebut. Acara berlangsung penuh keakraban meskipun beberapa peserta ada yang baru saling mengenal.

Dalam pemaparannya Hj.Andi Nurhayati Yusuf mengupas tentang pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak terutama dalam pembentukan psikologi anak. Beliau menjelaskan bahwa dalam mendidik anak  penting untuk diketahui adalah bagaimana pola orang tua dalam mendidik anaknya selama ini. Apakah pola otoriter, permisif atau demokratis. Orang tua yang otoriter cenderung  memaksakan kehendak kepada anak. Orang tua permisif akan membiarkan anak berbuat apapun tanpa ada kontrol dan orang tua yang demokratis adalah orang tua senantiasa mengajak anak untuk terlibat dalam pengambilan keputusan.

Pembicara menyampaikan materi dengan menarik diselingi dengan contoh-contoh yang kerap terjadi d masyarakat. DengIMG_6393an pengalamannya selama 7 tahun mengajar di Jepang, pembicara juga memaparkan tentang contoh-contoh pendidikan anak yang ada di negeri sakura tersebut. Materi  disampaikan dengan menarik sehingga membuat peserta antusias untuk menyimaknya. Beberapa ibu bahkan menanyakan tentang masalah-masalah yang dihadapi ketika mendidik anaknya. Dan pembicara pun memberikan penjelasan dan solusi dari masalah yang dihadapi.

Selain seminar, juga diadakan acara pelatihan penggunaan hijab yang dibawakan oleh Ayu Ashari, acara tersebut juga mendapat antusias yang baik dari para peserta.