Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-66 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia

18/01/2013 – 15:58

upacara-hut-bpk_2Pada Kamis 17 Januari 2013 bertempat di halaman kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, diselenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-66 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Upacara yang diikuti oleh seluruh pejabat strukturaldan pegawai di lingkungan perwakilan Provinsi Maluku Utara berlangsung tertib dan khidmat. Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Perwakilan Novian Herodwijanto dan komandan upacara Kepala Sub Bagian Keuangan Kasman Alwi.
Dalam upacara tersebut disampaikan pidato Ketua BPK RI Hadi Purnomo, yang dalam pidatonya memyampaikan beberapa pencapaian yang telah diraih oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, diantaranya:
Pertama, laporan keuangan BPK dalam tiga tahun terakhir yang diperiksa oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kedua, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) BPK tahun 2012 memperoleh penghargaan dari Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi dengan nilai 78,51 dengan predikat ‘A’ atau “Sangat Baik”  dan menempati posisi pertama dari 81 instansi pusat. Ketiga, BPK menerima penghargaan dari Komisi Informasi Pusat sebagai Badan Publik Pusat Terbaik ke-4 dalam pelaksanaan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keempat, Hasil review Tim Quality Assurance (QA) Reformasi Birokrasi terhadap BPK RI memberikan predikat “BAIK”  dengan nilai 85,67. Kelima, BPK telah memiliki gedung sendiri yang dipergunakan oleh perwakilan secara lengkap di 33 provinsi di Indonesia. Keenam, BPK RI sebagai  ketua ASEANSAI yang pertama telah memimpin organisasi  yang baru berdiri ini dengan berbagai kegiatan, baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun di negara-negara anggota ASEANSAI.
upacara-hut-bpk_3Selain pencapaian-pencapain tersebut, BPK RI juga diingatkan bahwa reformasi birokrasi di BPK, termasuk pemberian remunerasi yang pantas kepada pegawai BPK, dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kinerja BPK. Oleh karena itu kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas dan profesionalisme.