BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara Peduli Lingkungan

17/12/2012 – 06:28

website1Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan alam mulai dari pengurangan penggunaan bahan bakar minyak yang berlebih, tidak membuang sampah sembarangan, penanaman pohon, hingga daur ulang. Dengan menjaga dan melestarikan lingkungan dapat menghindarkan kita dari berbagai macam kerugian yang dapat kita alami apabila alam dan lingkungan kita rusak, seperti misalnya banjir lahar dingin yang baru-baru ini menimpa kota Ternate. Oleh karena itu dalam rangka mengajak masyarakat Provinsi Maluku Utara pada umumnya dan masyarakat kota Ternate pada khusunya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Kota Ternate mengadakan kegiatan sosialisasi Audit Lingkungan dan jalan sehat bersama, acara tersebut dibuka oleh Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia DR. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum.,yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Gubernur Maluku Utara dan Walikota Ternate, serta segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku Utara.

Acara yang dilaksanakan di halaman Kedaton Kesultanan Ternate ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Angota IV BPK RI ke Maluku Utara. Kunjungan kerja Angota IV BPK RI ini di awali dengan memberikan kuliah umum di Universitas Khairun pada hari jumat 14 Desember 2012 dengan tema “ Peran dan Tugas BPK RI Dalam Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara”, dimana kuliah umum tersebut mendapatkan sambutan positif dari pihak rektorat universitas Khairun dan dari kalangan mahasiswa, hal ini terlihat dari antusiasme peserta kuliah umum yang melakukan audiensi dan tanya jawab dengan Anggota IV BPK RI DR. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum.

Dalam sambutan pada pembukaan sosialisasi audit lingkungan, Anggota IV BPK RI DR. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum., menyampaikan bahwa BPK RI selain melakukan Audit terhadap keuangan Negara, juga mempunyai kewajiban untuk mengaudit lingkungan, hal ini merupakan salah satu wujud dari perhatian BPK RI terhadap lingkungan yang semakin hari semakin rusak yang disebabkan oleh tangan manusia sendiri, Audit Lingkungan tersebut menjadi perhatian bagi BPK RI sehubungan dengan bergabungnya BPK RI dalam Working Group On Environmental Audit, atau Organisasi Audit Lingkungan Sedunia, dimana BPK RI ditunjuk sebagai ketua audit lingkungan pada periode tahun 2013 yang dalam hal ini Anggota IV BPK RI DR. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum.sendiri yang ditunjuk sebagai ketuanya, hal tersebut tidak terlepas dari bentuk tanggung jawab DR. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum selaku Angota IV BPK RI yang membidangi Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara di Bidang Lingkungan Hidup, Pengelola Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur.

Dalam acara tersebut juga dilakukan acara penanaman pohon secara simbolis oleh Anggota IV BPK RI dan di ikuti oleh segenap jajaran Forum Komunikasi Daerah Provinsi Maluku Utara di Halaman Kedaton Kesultanan Ternate dan penyerahan bibit tanaman dari Anggota IV BPK RI kepada tokoh masyarakat untuk ditanam dilingkungan tempat tinggalnya.

Rangkaian kunjungan kerja ini tidak saja dilakukan di Maluku Utara namun hampir di seluruh Perwakilan BPK RI.