PROGRAM 10 M UNTUK RUAS JALAN BICOLI – SOWOLI

20/11/2017 – 11:21

Maba – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim) berencana membuka akses jalan yang menghubungkan Desa Bicoli Maba Selatan, Desa Sil hingga Sowoli 2018. Anggaran yang dirancang Rp 10 miliar. Ïni komitmen kami untuk membuka keterisolasian sejumlah desa di Haltim,” kata Bupati H Rudy Erawan.

Pekerjaannya nanti berupa pembukaan badan jalan serta peningkatan status jalan tanah ke sirtu. Orang nomor satu di Pemkab Haltim ini mengatakan dibangunnya ruas jalan dari Bcoli hingga wilayah perbatasan Haltim – Halteng itu tujuannya untuk memudahkan masyarakat,”ungkapnya. (ado/met)

MALUT POS, 18 OKTOBER 2017 (HAL 2)

 

  • Pengertian sirtu

Sirtu adalah singkatan dari pasir batu. Sirtu terjadi karena akumulasi pasir dan batuan yang terendapkan di daerah-daerah relatif rendah atau lembah. Sirtu biasanya merupakan bahan yang belum terpadukan dan biasanya tersebar di daerah aliran sungai.

  • Kegunaan Sirtu

Sampai saat ini penggunaan sirtu terbatas sebagai bahan bangunan terutama untuk campuran beton, sedang penggalian sering dilakukan dengan secara tradisional tanpa memperhatikan dampak lingkungan. Sirtu yang lepas sangat baik untuk bahan pengeras jalan biasa maupun jalan tol, dan airport. Selain itu dapat pula dipergunakan dalam campuran beton, aspal/hotmix, plester, bahan bangunan dan tanah urug.

  • Pengertian jalan sirtu

Jalan Sirtu adalah Konstruksi jalan berbahan material 40% pasir dan 60% batu yang dikeraskan.